Luthfia, Ihsania (2025) IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS UNTUK SISWA KELAS IV MI AL-IMAN DAARUSSALAAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0012_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (775kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0012_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0012_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0405.0012_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (266kB)  | 
          
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Iman Daarussalaam dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi perubahan energi. Kondisi tersebut disebabkan oleh minimnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru serta kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) membuat siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi, sehingga berdampak pada pencapaian nilai yang tidak optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Montessori. Metode ini dipilih karena dinilai mampu merangsang keaktifan siswa melalui pembelajaran yang konkret, menyenangkan, dan berpusat pada pengalaman langsung. Metode Montessori menekankan pentingnya eksplorasi, kebebasan belajar, serta penggunaan alat bantu atau media yang sesuai dengan tahap perkembangan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Iman Daarussalaam sejumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan desain siklus penelitian menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Instrument tes evaluasi akhir pada penelitian ini berupa 20 soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Montessori pada mata pelajaran IPAS materi perubahan energi dapat meningkatlan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada kegiatan siklus I yang menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 56,38% dengan rata-rata kelas 58,75. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 76% dengan rata-rata nilai siswa 76,25. Dengan demikian, persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 19,62%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Montessori dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi perubahan energi di MI Al-Iman Daarussalaam.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag dan Irham Nugroho, M.Pd.I | 
| Uncontrolled Keywords: | Montessori, Hasil Belajar | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) | 
| Depositing User: | FAI 18.0405.0012 | 
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:35 | 
| Last Modified: | 08 Oct 2025 02:35 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6416 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      