Rahmanto, Aris Sigit (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0031_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (609kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0031_BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
15.0305.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0031_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (493kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa, apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa, apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar se Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Pola asuh orang tua sebagai variabel bebas pertama, kecerdasan emosi sebagai variabel bebas kedua, prestasi belajar sebagai variabel terikat. Dengan jumlah siswa anggota melibatkan sampel 83 reponden dari jumlah populasi siswa kelas V SDN se Kecamatan Mertoyudan sebanyak 6087 siswa. Penentuan responden berdasarkan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan berbentuk angket pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi siswa, foto dokumenter prestasi belajar siswa. analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua menunjukkan kategori yang baik (75,61%) kecerdasan emosi siswa dalam kategori baik (65,69%), dan Prestasi belajar siswa dalam kategori yang baik (78,63%). Hasil regresi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar, terdapat hubungan antara kecerdasan emosi siswa dengan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Rasidi, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 06:47 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:52 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/63 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |