Andriani, Rysa (2025) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MORAL (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP IT Ar-Rochman Salaman). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0004_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (798kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0004_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0004_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0004_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 18.0301.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (Skripsi)
 18.0301.0004_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok cognitive restructuring untuk meningkatkan pemahaman moral siswa sebagai upaya meningkatnya pemahaman moral siswa di SMP IT Ar Rochman Salaman. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre-experimental yang menggunakan desain one group pretest posttest. Dalam menggunakan desain penelitian tersebut digunakan untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan treatment. Penelitian ini dilangsungkan selama 7 sesi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa dan sampelnya berjumlah 7. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik yang dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam pemberian konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan pemahaman moral siswa. Nilai signifikansi pada uji wilcoxon sebesar 0,018 (sig< 0,05) sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait pemahaman moral sebelum dan sesudah adanya pemberian konseling kelompok kepada siswa.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Hijrah Eko Putro, M.Pd dan Sugiyadi, M.Pd. Kons | 
| Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Moral; Cognitive Restruckturing; Konseling Kelompok | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1) | 
| Depositing User: | FKIP 18.0301.0004 | 
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:02 | 
| Last Modified: | 26 Sep 2025 02:02 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6226 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      