Zaki, Muhammad Ainu (2025) PENGARUH CONTENT MARKETING, ONLINE REVIEW, DAN DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE (Studi Empiris Pada Pengguna Shopee di Magelang). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
21.0101.0025_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Skripsi)
21.0101.0025_COVER_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
|
PDF (Skripsi)
21.0101.0025_COVER_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
PDF (Skripsi)
21.0101.0025_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf Download (269kB) |
|
|
PDF (Skripsi)
21.0101.0025_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing, online review, dan discount terhadap keputusan pembelian konsumen pada platform e-commerce Shopee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden pengguna Shopee di wilayah Magelang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan content marketing, online review, dan discount berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, content marketing dan discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan online review tidak berpengaruh signifikan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 22% menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas dalam model ini mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 22%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pelaku e-commerce untuk lebih mengoptimalkan strategi konten dan program discount dalam memengaruhi perilaku konsumen.
Kata Kunci : Content Marketing, Online Review, Discount, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Shopee
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
|---|---|
| Pembimbing: | Muhdiyanto, SE., M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, Online Review, Discount, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Shopee |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen (S-1) |
| Depositing User: | FEB 21.0101.0025 |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:21 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 06:21 |
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
