Puspitasari, Ana (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) DENGAN MEDIA HIDE DAN SEEK PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0209_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0209_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0209_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri Rejosari 1 Bandongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental desig.n dengan
model one group pretest posttest. Variabel bebas penelitian yaitu model
pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle (X) dan variabel terikat
yaitu hasil belajar IPA (Y). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri
Rejosari 1 Bandongan yang berjumlah 22 siswa. Teknik sampling menggunakan
sampling jenuh atau total sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes.
Analisis data menggunakan uji t (paired-sample t-test) dengan bantuan SPSS for
windows versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh
positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut
dibuktikan dari hasil analisis uji t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Berdasarkan analisis dan pembahasan, nilai rata-rata posttest keseluruhan
responden setelah diberikan perlakuan meningkat dari nilai rata-rata pretest 61,82
menjadi 83,77. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle berpengaruh signifikan
terhadap peningkatan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. Dosen dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI dengan media Hide dan Seek Puzzle, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:43
Last Modified: 26 Feb 2025 07:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item