Prasongko, Adi Ponco (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN FIELD TRIP PADA MATA PELAJARAN IPS TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0020_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0020_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0020_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Field Trip pada mata pelajaran IPS terhadap rasa ingin tahu siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experimental tipe Nonequivalent control groupdesign. Subjek penelitian dipilih
secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 50 siswa terdiri dari
25siswa kelompok eksperimen dan 25 siswa kelompok kontrol. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Uji validitas
instrumen angket menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan
komputer program IMBSPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis
terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik
statistik non parametrik Mann-Withneydengan bantuan komputer program
IMBSPSS versi 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai posttest
kelas eksperimen sebesar 83,1 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar
78,4. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Mann-Withneypada kelompok
eksperimen dengan nilai rasa ingin tahu memiliki signifikansi 0,005< 0,05.
Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttestkelas eksperimen yang
menggunakan metode pembelajaran Field Trip sedangkan kelas kontrol yang
tidak menggunakan metode pembelajaran Field Trip. Hal ini dapat dimaknai
bahwa pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Field Trip
memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran
yang tidak menggunakan metode pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Field Trip berpengaruh
positif terhadap rasa ingin tahu siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi.dan Dhuta Sukmarani,M.Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Field Trip, Rasa Ingin Tahu Siswa, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:38
Last Modified: 26 Feb 2025 01:13
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item