Setyapratama, Yusella Rangga (2019) IMPLEMENTASI CASE BASED REASONING PADA SISTEM PAKAR DALAM IDENTIFIKASI KERUSAKAN YANG TERJADI DI VENDING MACHINE BONEKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB VI _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ BAB IV _ BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.054.0069 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
PT. Matahari Graha Fantasi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang
jasa hiburan keluarga khususnya permainan arcade. Terdapat beberapa jenis mesin
yang menjadi satu kesatuan seperti video, redemption, dan vending. Tingginya
potensi kehilangan pendapatan pada mesin vending yang dikarenakan perbaikan
yang tidak efisien patut menjadi perhatian karena mesin vending menyumbang
pendapatan lebih tinggi daripada jenis mesin lain. Proses penyelesaian kerusakan
mesin yang sedang berlangsung memerlukan waktu yang lebih lama dikarenakan
adanya proses konsultasi dengan pakar apabila teknisi memiliki keterbatasan dalam
penanganan kerusakan mesin vending. Sistem pakar ini dibangun untuk membantu
perusahaan dalam penekanan potensi kehilangan pendapatan dengan cara
membantu teknisi untuk mempersingkat waktu penentuan penanganan kerusakan
mesin vending dengan metode Case Based Reasoning (CBR). Sistem pakar adalah
aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti
seorang pakar. Metode CBR memberikan hasil diagnosa berdasarkan permasalahan
terdahulu yang tersimpan di dalam basis pengetahuan dan dapat direvisi untuk
memecahkan permasalahan terbaru. Implementasi metode CBR pada sistem pakar
menghasilkan beberapa nilai kemiripan dari sekian contoh yang diuji. Nilai hasil
pengujian dengan nilai tertinggi akan diambil untuk menentukan solusi. Dapat
disimpulkan bahwa penghitungan manual dan sistem memiliki hasil yang sama dan
hasil penghitungan akan identik dengan deteksi seorang pakar
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mesin Vending, Sistem Pakar, Case Based Reasoning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 09:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 09:43 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |