Ummami, Dwi Latifatul (2025) Pengaruh Model Numbered Head Together Berbantuan Media Kantong Nilai Tempat Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Penjumlahan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 1_18.0305.0065_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (446kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2_18.0305.0065_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3_18.0305.0065_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 5_18.0305.0065_COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 4_18.0305.0065_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
File 6_18.0305.0065_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep penjumlahan merupakan dasar fundamental untuk mempelajari matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together yang didukung media kantong nilai tempat bilangan terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pada siswa kelas II SD.
Penelitiaan ini memiliki tujuan buat mengetahui impak contoh pembelajaran Numbered Head Together yang didukung media kantong nilai tempat bilangan buat memberikan efek pemahaman konsep penjumlahan pada siswa kelas II SD Negeri Benowo sebesar 18 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep penjumlahan yang telah divalidasi serta observasi. Uji T berpasangan digunakan untuk menilai apakah terjadi disparitis pemahaman konsep selesainya dan sebelum adanya perlakuan.
Hasil penelitian menyatakan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together yang didukung media kantong nilai tempat bilangan terbukti menghipnotis pada peningkatan pemahaman konsep penjumlahan siswa. Hal ini disimpulkan asal yang akan terjadi uji t-berpasangan yang memperoleh nilai signifikansi p = 0,003 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Hₐ) diterima. Skor pemahaman konsep peserta didik semakin tinggi asal 59,44 ketika pretest kemudian 62,78 waktu posttest menggunakan selisih sebesar 14,222 poin. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan contoh pembelajaran Numbered Head Together yang dilengkapi dengan media kantong nilai tempat bilangan terbukti mensugesti pemahaman konsep penjumlahan siswa kelas II SD Negeri Benowo. Contoh pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif seni manajemen pembelajaran matematika yang efektif di SD.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Aditia Eska Wardana, M. Pd dan Dr. Sukma Wijayanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Media kantong nilai tempat bilangan, Pemahaman Konsep Penjumlahan, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0305.0065
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:22
Last Modified: 22 Sep 2025 08:22
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item