Widyaningtyas, Ananda (2025) EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN) DI SEKOLAH PELANGI INDONESIA BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0801.0020_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (604kB)  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0801.0020_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0801.0020_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0801.0020_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
PDF (Skripsi)
 21.0801.0020_COVER_Pernyataan_Unggah_Repository.pdf - Published Version Download (348kB)  | 
          
Abstract
Kedisiplinan merupakan karakter penting yang harus ditanamkan sejak usia dini karena berperan besar dalam pembentukan perilaku positif dan keberhasilan anak di masa depan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode token ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia dini (4-5 tahun) di Sekolah Pelangi Indonesia Bantul. Permasalahan kedisiplinan yang ditemukan meliputi ketidaktertiban dalam mengantri, perilaku yang tidak menyenangkan (seperti mengganggu teman, memukil, menendang), keluar kelas tanpa izin, serta kurangnya pemahaman terhadap peraturan yang disepakati. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian berupa 11 anak usia 4-5 tahun yang menunjukkan masalah kedisiplinan. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan lembar indikator kedisiplinan, dan dianalisis dengan uji nonparametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan signifikan dalam perilaku disiplin anak setelah penerapan metode token ekonomi. Skor rata-rata kedisiplinan meningkat dari 1,39 pada pre-test menjadi 3,45 pada post-test dengan nilai signifikansi p < 0,05. Peningkatan ini terlihat pada indikator mengantri, perilaku yang menyenangkan, tidak keluar kelas saat jam pelajaran, dan patuh terhadap aturan. Penggunaan token sebagai penguatan positif efektif memotivasi anak untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang telah disepakati dan membentuk kebiasaan disiplin secara bertahap. Penelitian ini menegaskan bahwa metode token ekonomi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pada anak usia dini.
| Item Type: | Karya Ilmiah (S1) | 
|---|---|
| Pembimbing: | Akhmad Liana Amrul Haq, M.Psi., Psikolog | 
| Uncontrolled Keywords: | Token ekonomi, Kedisiplinan, Anak Usia Dini, Modifikasi Perilaku, Eksperimen. | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | 
| Depositing User: | FPH 21.0801.0020 | 
| Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:09 | 
| Last Modified: | 22 Sep 2025 02:09 | 
| URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5860 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
      