Restiyono, Nurwidya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0055_COVER_BAB I_BAB II_BABIII_BAB V_DAFTARPUSTKA.pdf - Published Version

Download (668kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0055_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0055_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0055_COVER_SURAT PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
20.0305.0055_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
20.0305.0055_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Model Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SDN Rejowinangun Utara 6 Kota Magelang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Desigen dengan jumlah sampel penelitian 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal Pretest dan Posttest pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini yaitu uji validitas soal Pretest dan Posttest menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitas menggunakan cornbach’s alpha sedangkan uji daya beda dan tingkat kesukaran dengan bantuan IBM SPSS for Windows versi 25.0. Teknik analisis data data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis data Shapiro Wilk dengan menggunakan program SPSS 25.0 for windows dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample t Test dengan berbantuan IMB SPSS statistic 25.0.
Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Rejowianngun Utara 6 dengan hasil nilai sig 0,000 ≤ 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil soal Pretest dan Posttest menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berbantuan media miniatur terhadap hasil belajar IPAS. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Team Games Tournament (TGT) berbantuan Media Miniatur berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri Rejowinangun Utara 6 Kota Megelang.

Kata Kunci: Team games Tournament, Media Miniatur, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd. dan Puji Rahmawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Team games Tournament, Media Miniatur, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 20.0305.0055
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:19
Last Modified: 24 Sep 2025 02:19
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5849

Actions (login required)

View Item View Item