Ayuningtyas, Rachmaudina Auliasari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Dampit). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0076_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (647kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0076_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0076_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0076_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0076_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
18.0305.0076_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan pecahan senilai siswa kelas IV SD Negeri Dampit. Jenis penelitian yang digunakan Pre-Eksperimental tipe One Group Pretest-posttest Design. Sample menggunakan total sampling 20 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa butir soal pilihan ganda. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan IMB SPSS Statistic 25 for windows untuk menghitung dan mengetahui hasil uji baliditas dan reliabilitas. Validitas instrument menggunakan validitas ahli yang berisi silabus, modul ajar, materi ajar, soal pretest dan posttest. Soal pretest dan posttest menggunakan Shapiro-Wilk dikarenakan sampel yang digunakan <50 sampel. Uji reliabilitas instrument menggunakan Cronbach Alpha.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari 59,8 pada pretest menjadi 69 pada posttest. Uji signifikansi menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Inkuiri. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Inkuiri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan pecahan senilai pada siswa kelas IV SD Negeri Dampit.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana,M.Pd dan Tria Mardiana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, pecahan senilai, model Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0305.0076
Date Deposited: 18 Sep 2025 08:55
Last Modified: 18 Sep 2025 08:55
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item