Wijayanti, Eka Mukti (2025) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM VIP (VERSI ILMU PESANTREN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0066 _COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (472kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0066 _COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0066 _COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0066 _COVER_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0305.0066 _FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
18.0305.0066_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik di SD Mambaul Hisan, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus karena SD Mambaul Hisan memiliki keunikan berupa program kelas VIP (Versi Ilmu Pesantren), yang tidak dimiliki sekolah dasar lainnya. Keunikan ini memberikan konteks yang kaya untuk mengungkap secara mendalam bagaimana peran guru dalam mengembangkan karakter religius peserta didik melalui program tersebut. Studi kasus ini memungkinkan peneliti untuk menganalisis dinamika yang terjadi secara komprehensif dan kontekstual. Peneliti menelaah fenomena ini melalui keterlibatan langsung dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik sebagai sumber informasi utama, sehingga dapat menggambarkan secara komprehensif dinamika yang terjadi di lingkungan sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SD Mambaul Hisan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis menunjukkan pembentukan karakter religius di SD Mambaul Hisan dilakukan dengan mengoptimalkan peran guru yang meliputi 1) peran guru dalam perencanaan secara sistematis melalui RPP yang memuat nilai-nilai religius sesuai kondisi siswa dan lingkungan, dilaksanakan secara kolaboratif antara guru, orang tua, dan kepala sekolah dengan dukungan kebijakan, fasilitas, dan anggaran khusus. 2) Peran guru dalam pelaksanaan mencakup program unggulan seperti salat duha, hafalan juz amma, Asmaul Husna, kelas VIP, serta ekstrakurikuler tilawah, khot, dan rebana, yang diintegrasikan dalam pembiasaan sikap disiplin, jujur, sopan santun, toleransi, dan menjaga kebersihan. Guru berperan sebagai teladan dan pembimbing untuk memastikan internalisasi nilai berjalan efektif. 3) Peran guru dalam mengevaluasi program dilakukan melalui rapor reguler dan rapor VIP yang memantau perkembangan perilaku religius secara detail. Meski menghadapi hambatan seperti perbedaan latar belakang pemahaman agama, pengaruh teknologi, dan lingkungan luar sekolah, pihak sekolah berupaya mengatasinya melalui sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat demi keberhasilan pembentukan karakter religius siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang Aji Pradana, M. Pd. dan Anang Amiruddin Nugroho, S.Pd.I, M. Psi.,M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Karakter religius, Pembiasaan Baik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 18.0305.0066 |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:54 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 08:54 |
URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |