Ziadha, Akmala (2025) PENGARUH MODEL REALISTIC MATEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA DAKON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PEMBAGIAN (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Tahfidz Istiqomah Tembarak). S1 thesis, Universitas Muhammdiyah Magelang.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
18.0305.0072_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (546kB)
[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
18.0305.0072_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
18.0305.0072_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
18.0305.0072_Pernyataan_Unggah_Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
18.0305.0072_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
18.0305.0072_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media dakon terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian siswa kelas III SD.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Sekolah Tahfidz Istiqomah Tembarak tahun ajaran 2025/2026 yang berjumlah 22 siswa, namun hanya 20 siswa dijadikan sampel karena 2 siswa tidak dapat mengikuti seluruh rangkaian penelitian. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,83 (kategori tinggi). Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model RME berbantuan media dakon berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pembagian.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnnato M.Pd. dan Putri Meinita Triana M.pd
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematics Education, media dakon, hasil belajar matematika, pembagian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0305.0072
Date Deposited: 18 Sep 2025 08:54
Last Modified: 18 Sep 2025 08:54
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5700

Actions (login required)

View Item View Item