Triyanti, Triyanti (2017) IMPLEMENTASI MODEL TEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN WIROPATI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (549kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil
belajar matematika tentang menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan
mengimplementasikan model temuan terbimbing pada siswa kelas III SDN
Wiropati Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil belajar yang dimaksud adalah aspek
kognitif dan psikomotorik.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua
siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adaalah siswa kelas III
SDN Wiropati yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,
tes hasil belajar dan lembar observasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas
dan reliabilitas. Penghitungan validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan bantuan program SPSS 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model temuan
terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung luas
persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Wiropati. Peningkatan tersebut
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pengisian angket minat yaitu
pra siklus memperoleh 63,75%, siklus I meningkat menjadi 75,89%, siklus II
meningkat menjadi 81,14%. Sedangkan tuntas belajar klasikal siswa pada setiap
siklus yaitu pra siklus 54,17%, siklus I 70,83%, siklus II mencapai 83,33%.
Peningkataan nilai psikomotorik pada siklus I mencapai 75,43%, siklus II
mencapai 78,12%. Peningkatan ini diikuti peningkatan aktivitas guru pada siklus I
memperoleh 70% pada siklus II meningkat menjadi 85%.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Model Temuan Terbimbing, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 09:22 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 06:38 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |