Savitri, Anisa Noor (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN MEDIA PATUNG PERGI TERHADAP KEMAMPUAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0088_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (813kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0088_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0088_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0088_COVER_Pernyataan_Unggah_Rep.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0305.0088_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
18.0305.0088_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended berbantuan media Patung Pergi terhadap kemampuan perkalian dan pembagain dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Ngasem.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang tidak sesungguhnya (Pre Experimental Designs) dengan model One Group Pretets-Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara Non Probability Sampling model sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 18 peserta didik dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa tes. Uji validitas dilakukan dengan Product Moment Pearson. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dengan bantuan IBM SPPS 26. Analisis data menggunakan teknik statistk parametrik yaitu Paired Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran open ended berbantuan media patung pergi berpengaruh terhadap kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis paired sample t-test dengan probabilitas Sig.(2-Tiled) 0,0000 (0,000 < 0,05). Berdasarkan analisis dan pembahasan terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 67,5 dan posttest sebesar 83,1 dengan selisih 15,52. Hasil penelitian dapat disimpulkn bahwa penggunaan model pembelajaran open ended berbantuan media Patung Pergi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Tria Mardiana M.Pd dan Putri Meinita Triana M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran open ended berbantuan media patung pergi terhadap kemampuan perkalian dan pembagian peserta didik dalam pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 18.0305.0088
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:38
Last Modified: 17 Sep 2025 08:38
URI: https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item