Astari, Anisia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TYPE STRUCTURED DYADIC METHODS TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0180_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0180_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn type
structured dyadic methods terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain
pretest and posttest control group design dengan subjek penelitian siswa kelas V
SD N Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang yang berjumlah 43
siswa yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol 21
siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket (pretest dan posttest). Analisis
yang digunakan adalah uji Mann-Whitney dengan membandingkan hasil pretest
dan posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajarn type structured dyadic methods terhadap minat belajar IPS.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model pembelajarn type structured
dyadic methods berpengaruh secara positif terhadap minat belajar pada mata
pelajarn IPS siswa kelas V SD N Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten
Magelang. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan
posttest sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajarn type structured
dyadic methods. Rata-rata hasil pretest sebelum perlakuan untuk kelas
eksperimen adalah 73,73 dan kelas kontrol 73,00, sedangkan hasil posttest
sesudah diberi perlakuan untuk kelas eksperimen adalah 83,32 dan kelas kontrol
75,57. Peningkatan minat belajar IPS dapat dilihat dari hasil uji Mann-Whitney
yang menunjukkan nilai signifikansi = 0,01 (< 0,05). Hal tersebut berarti ada
pengaruh model pembelajarn type structured dyadic methods yang signifikan
setelah diberikan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran type structured dyadic methods berpengaruh positif terhadap minat
belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M. Si., Psi. (0614107401) dan Tabah Subekti. M.Pd.(0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Type Structured Dyadic Methods, Minat Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:43
Last Modified: 23 Sep 2019 03:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item