Pamungkas, Fajar Nor (2017) EFEKTIVITAS MODEL THE AMAZING QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0179_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0179_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0179_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model The Amazing
Quantum Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada siswa kelas II di SDN Kalikuto, Grabag,
Magelang.
Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan
secara partisipatif. Variabel penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil
belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Kalikuto
yang berjumlah 25 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi dan angket
minat. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif
kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model The Amazing
Quantum Learning efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas
II di SDN Kalikuto dengan langkah-langkah pembelajaran TANDUR (Tanamkan,
Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan). Peningkatan minat dan hasil
belajar ini terlihat pada siklus I pada aspek minat dengan nilai rata-rata mencapai
68, rata-rata hasil belajar siswa mencapai 66 dan persentase ketuntasan belajar
mencapai 52%. Mengalami peningkatan pada siklus II dalam aspek minat dengan
nilai rata-rata mencapai 77, rata-rata hasil belajar siswa yaitu 77 dan persentase
ketuntasan belajar mencapai 80%.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si.(0012045601) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: The Amazing Quantum Learning, hasil belajar Matematika, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:42
Last Modified: 30 Jan 2025 03:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item