Murdiyanto, Murdiyanto (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA VIDEO. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0173 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0173 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0173 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0173 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui model think talk write dengan media video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 2 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah tiga siswa yang keterampilan menulis laporan pengamatan rendah. Variabel yang diteliti ada tiga yaitu: variabel input berupa keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang masih rendah, variabel proses berupa tindakan pelaksanaan pembelajaran dengan bantuan model think talk write dan media video dan variabel output berupa hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa. Model pengumpulan data yang digunakan yaitu, model observasi dan model wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pedoman observasi dan wawancara. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator menurut Muslich.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa model think talk write dengan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan hasil tes siswa setelah diberi tindakan dalam tiga siklus. Peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan pada subyek 1 sebesar 75%, subyek 2 sebesar 83% dan pada subyek 3 sebesar 70%. Ketiga subyek tersebut mengalami peningkatan hasil tes keterampilan menulis laporan pengamatan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Model Think Talk Write, Media video, Keterampilan menulis laporan pengamatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:32
Last Modified: 30 Jan 2025 02:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item