Nurjanah, Fitriana Rofik (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (799kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0170_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0170_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0170_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Role
Play terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas
II SD Negeri Keceme 1.
Rancangan penelitinya eksperimen murni berbentuk two group pretestposttest
design. Variabel bebas Role play dan Variabel terikat Hasil belajar.
Populasinya seluruh siswa kelas II SD N Keceme 1. Subjek penelitianya 24 siswa
kelas A dan 24 siswa kelas B. Sampling dalam penelitian Purposive Sampling.
Metode pengumpulan data terdiri dari tes dan observasi. instrumen yang
digunakan adalah perangkat pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar observasi.
Metode analisis datanya menggunakan uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran
dan daya pembeda. Teknik analisis data untuk hasil belajar domain kognitif dalam
penelitian menggunakan analisis diskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas dan
uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test).
Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa model Role Play
bepengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan model
Role Play dibandingkan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa dengan bukti,
hasil observasi afektif kelas ekperimen rata-ratanya 20,20 termasuk pada kategori
sangat baik dan pada kelas kontrol rata-ratanya 12,95 termasuk dalam kategori
cukup. Berdasarkan hasil uji-t (t-test) hasil belajar kelas ekperimen adalah 0,03
jadi ada pengaruh positif dalam model pembelajaran Role Play.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. (0008015701) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, model Role Play
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:21
Last Modified: 30 Jan 2025 03:16
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item