Indreasari, Dea (2017) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SHALAT DHUHA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0169_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedisiplinan shalat dhuha dan
perhatian orang tua dengan prestasi belajar di SD Muhammadiyah Domban
III, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Metode dalam penelitian hubungan kedisiplinan shalat dhuha
dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar yaitu menggunakan metode
korelasional. Dalam penelitian ini ada 3 jenis instrument yang digunakan
untuk memperoleh hasil penelitian, yaitu instrument untuk mengungkap
frekuensi pelaksanaan shalat dhuha berupa absen, instrument perhatian orang
tua berupa angket dan instrument untuk mengetahui prestasi belajar adalah
hasil dokumentasi nilai-nilai mid semester II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
yang positif antara kedisiplinan shalat dhuha dengan prestasi belajar siswa.
Hal ini berdasarkan hasil analisis korelasi linier sederhana dengan nilai
perbandingan f hitung : f tabel adalah 0.265 < 3.15, sehingga dengan kata lain
nilai uji f lebih kecil dari f tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa hasil tersebut tidak signifikan dengan taraf signifikan
sebesar 4%, dengan demikian hipotesis pertama tidak terbukti. Tidak ada
hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hal
ini berdasarkan hasil analisis korelasi linier sederhana dengan nilai uji f
hitung : f tabel adalah 0.595 < 3.15, sehingga dengan kata lain nilai uji f lebih
kecil dari f tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil
tersebut tidak signifikan dengan taraf signifikan sebesar 1%, dengan demikian
hipotesis kedua tidak terbukti. Dengan demikian hasil penelitian ini
menunjukkan tidak adanya hubungan yang positif antara kedisiplinan shalat
dhuha dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hal ini
berdasarkan analisis korelasi linier gandadengan nilai uji f hitung : f tabel
adalah 0.782 < 3.15, sehingga dengan kata lain nilai uji f lebih kecil dari f
tabel. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut
tidak signifikan dengan taraf signifikan sebesar 2,46%, dengan demikian
hipotesis ketiga tidak terbukti.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs.Tawil,M.Pd., Kons(0008015701)dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplianan Shalat Dhuha, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:10 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:31 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |