Ekayanti, Ekayanti (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0305.0156_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (696kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0305.0156_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0305.0156_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (42MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0305.0156_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Skripsi)
23.0305.0156_COVER_BAB I-BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
23.0305.0156_FULLTEXT (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (45MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Wonokerto, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas V SD Negeri Wonokerto, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang dengan jumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (72%) termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II kemampuan guru terus meningkat menjadi (97%) yaitu dalam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (68%) dalam kategori baik dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu (95%) termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 39% (cukup kritis) namun secara klasikal belum tuntas, dan pada siklus II hasil kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebesar 83% (sangat kritis) dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Wonokerto, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Arif Wiyat Purnanda, M.Pd. dan Aditia Eska Wardana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 23.0305.0156 |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:04 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:04 |
URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |