Muttaqin, Irfa'i Fajar (2025) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Pada Buku Filosofi Pendidikan Anak Karya Fahruddin Faiz. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0013_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (450kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0013_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0013_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (760kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0013_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0013_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pengertian Islam, anak adalah titipan Allah SWT yang kelak akan memakmurkan dunia sebagai rahmatan lil ‘alamin dan sebagai implementasinya maka dibuat nilai-nilai pendidikan islam kepada anak yang sesuai al-Qur’an dan hadis. Belum lama juga, PISA (Programme for International Student Assesment) menyatakan bahwa Indonesia menempati posisi yang rendah dalam bidang pendidikan, ini menandakan bahwa kualitas pendidikan kita saat ini sedang tidak baik-baik saja. Lalu bagaimana kita sebagai generasi bangsa dapat mencegah dan membentuk mulai dari akar. Maka bagi penulis menimbulkan pertanyaan, apa sajakah nilai-nilai pendidikan islam bagi anak yang disampaikan Fahruddin Faiz dalam bukunya, dan bagaimana menginternalisasikan nilai-nilai tersebut kepada anak dalam pendidikan sehari-hari. Sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui hal tersebut. Dengan begitu tujuan penelitian ini ialah untuk mendiskripsikan lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan islam bagi anak perspektif Fahruddin Faiz dan upaya menginternalisasinya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga jenis penelitian ini adalah kajian literatur atau kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif induktif yang teknik analisis penelitiannya ialah content analisis. Dari penelitian tersebut dihasilkan bahwa Nilai-nilai Pendidikan Fahruddin Faiz bukan sekedar suatu tuntunan biasa didalam hidup tumbuhnya anak-anak. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa mereka adalah perpanjangan dari pendidikan Islam dan bukannya elemen yang menyebabkan keterbelakangan dan disintegrasi. berfokus pada pembentukan karakter dan spiritualitas anak sejak dini, nilai-nilai ini tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik, sejalan dengan prinsip pendidikan Islam yang holistik. Secara garis besar, nilai-nilai tersebut meliputi: nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dari buku Filosofi Pendidikan Anak karya Fahruddin Faiz ke dalam praktik pendidikan anak sehari-hari, dapat disimpulkan bahwa implementasi yang konsisten dan holistik menjadi kunci utama keberhasilan. Internalisasi ini bukan sekadar transfer pengetahuan, melainkan pembentukan kebiasaan, sikap, dan pola pikir yang Islami melalui berbagai aspek kehidupan anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | FAI 21.0401.0013 |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:32 |
URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |