Rahman, Alma Firriyal (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Banjarsari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
19.0305.0066_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (873kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
19.0305.0066_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
19.0305.0066_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
19.0305.0066_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
19.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media benda konkret terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD Negeri Banjarsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), dengan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Banjarsari yang berjumlah 44 III A dan III B, sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol, sample tersebut diperoleh menggunakan tekni total sampling dimana peneliti menggunakan keseluruhan populasi sebagai sample. Metode pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan tes urian yang sudah melewati proses uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-test, yang sebelumnya telah diketahui normalitasnya.
Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai post-test yaitu dengan penggunaan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media benda konkret sebesar 85.83 dengan nilai tertinggi 96.49 dan nilai terendah 63.33, sedangkan kelas kontrol dengan penggunaan metode konvensional dengan rata-rata nilai posttest sebesar 57.83 dengan nilai tertinggi 86.67 dan nilai terendah 36.67. Hal tersebut diperkuat kembali dengan hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test pada pair 1 menunjukkan nilai signifiasi 0.000 <0.05 sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan rata-rata pemahmaan konsep matematika pada nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dengan menggunakan model Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media benda konkret. Sedangkan pada Pair 2 menunjukkan nilai signifikasi 0.230 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan tidak ada perbedaan rata-rata pemahmaan konsep matematika pada nilai pre-test dan post-test kelas Kontrol dengan menggunakan model konvensional (ceramah). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan media benda konkret memberikan pengaruh positif terhadap pemhaman konsep matematika siswa kelas III SD Negeri Banjarsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Tria Mardiana M.Pd dan Puji Rahmawati M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pendidkan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan, Media Benda Konkret, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP FKIP_19.0305.0066
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:14
Last Modified: 19 Aug 2025 08:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item