Nurkhayati, Nurkhayati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar terhadap hasil belajar
PKn kelas IV SD Negeri Progowati.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni (True
Experimental Design).Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD NegeriProgowati. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh terdiri atas 20 siswa kelas eksperimen
dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan
tes (pretest dan posttest). Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dengan media gambar terhadap hasil belajar PKn dihitung
menggunakan metode Indepenent Sample t-test dengan bantuan program SPSS
22.0 for Windows.
Berdasarkan pengujian, didapatkan nilai thitung sebesar 7,844 untuk aspek
kognitif, dan didapatkan nilai thitung sebesar 7,562 untuk aspek afektif, dan untuk
aspek psikomotorik didapat nilai thitung sebesar 3,455 dengan ttabel sebesar
2,02439(thitung> ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 untuk aspek kognitif dana
fektif dan 0,02 untuk aspek psikomotorik(signifikansi<0,05) yang berarti ada
perbedaan pengaruh antara nilai posttest kelas eksperimen dan nilai posttest kelas
kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dengan media gambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:46
Last Modified: 30 Jan 2025 03:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item