Apriliyani, Dian (2025) Gambaran Evaluasi Penerapan Inovasi Si Cepat Etes (Aksi Cepat Atasi Hipertensi) pada Hipertensi di Puskesmas Salaman II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0044_COVER_BAB I_BABII_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0044_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0044_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
240603044_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
24.0603.0044_COVER-Pernyataan_Unggah_Repository.pdf - Published Version Download (533kB) |
Abstract
Latar Belakang: Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO (2023) terdapat 33% atau 1,28 Miliar orang di dunia menderita Hipertensi, dua pertiga diantaranya berada di negara berkembang termasuk Indonesia. Prevalensi hipertensi akan terus meningkat di seluruh dunia. Tahun 2023 Di wilayah kerja Puskesmas Salaman II terdapat 3.420 orang penderita hipertensi yang mendapatkan pengobatan sesuai Standar atau hanya 38,7 % dari estimasi.Tujuan: Memberikan gambaran kepuasan pasien hipertensi terhadap pelayanan, kepatuhan kontrol pasien hipertensi, partisipasi kader dalam kegiatan Inovasi Si Cepat Etes, perubahan perilaku pasien hipertensi.,dan gambaran capaian SPM hipertensi
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah pasien hipertensi yang datang di Layanan Tilik Etes dengan jumlah sampel 80 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data akan dianalisa dan dipresentasikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan Analisa.
Hasil: sebanyak 72 orang (90%) memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pelayanan di Puskesmas Salaman II, sebelum adanya Inovasi si Cepat Etes yang tidak patuh kontrol yaitu sebanyak 56 orang (70%) dan tingkat partisipasi kader pada kategori sedang, setelah ada Inovasi terdapat 59 orang (73.75%) patuh kontrol dan tingkat partisipasi kader dalam kategori baik. Sebanyak 78 orang (97,5%) memiliki perilaku baik dan capaian SPM hipertensi di tahun 2022 sebelum adanya Inovasi sebanyak 10%, ditahun 2023 mengalami kenaikan menjadi 38,7% dan tahun 2024 naik menjadi 51,5%.
Kesimpulan: 87.5% berada pada tingkat kepuasan tinggi, 73,75% patuh melakukan kontrol, 100% kader mempunyai partisipasi yang baik dalam kegiatan, 98,75% memiliki perilaku yang baik terhadap pencegahan dan pengendalian hipertensi, dan capaian SPM hipertensi dari sebelum adanya Inovasi dan setelah adanya Inovasi mengalami kenaikan 41,5% yang awalnya 10% menjadi 51,5%.
Kata Kunci: Evaluasi, Inovasi Si Cepat Etes, hipertensi
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Ns. Priyo, M.Kep |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Inovasi Si Cepat Etes, Hipertensi |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan (S-1) |
Depositing User: | FIK 24.0603.0044 |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:38 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 01:38 |
URI: | https://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |