Jayanti, Rita (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0120 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0120 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0120 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0120 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV. Penelitianberbentuk quasi
eksperiment menggunakan jenis the nonrandomized control group pretest-posttest
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IV SD Negeri 3
Temanggung II dengan sampel siswa kelas IV A dan IV B di SD Negeri 3
Temanggung II masing-masing 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi
dengan instrumen berupa soal tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi.
Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji Mann Whitney U terhadap data posttest
dari kedua kelas dengan bantuan program IMB SPSS 23.
Hasil penelitianmenunjukkanbahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji Mann Whitney U
terhadap hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Asymp.
Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari (0,000 < 0,05), dalam ranah afektif
kelas eksperimen memiliki presentase hasil belajar yang lebih tinggi yaitu
kedisiplinan sebesar 84%, kerjasama 83%, percaya diri 79% sedangkan kelas
kontrol presentase rata-rata kedisiplinan sebesar 68%, kerjasama 68%, dan
percaya diri 67%, dan dalam ranah psikomotorik nilai rata-rata kelas eksperimen
yaitu 84 lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 78, maka terdapat pengaruh
model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA kelas IV materi
“Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya”.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS (0002086001) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Model Problem Based Learning (PBL).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:40
Last Modified: 23 Jan 2025 02:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item