Novitasari, Yesy Eriska (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (584kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0119 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran talking stick terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas II SD Negeri
Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini termasuk true experimental design atau eksperimen murni.
Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas II SD
Negeri Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Teknik sampling
yang digunakan adalah simple random sampling, terdiri dari 20 siswa kelas A
yang mendapatkan treatment dengan metode pembelajaran talking stick, dan 20
siswa kelas B yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan tes. Perbedaan Pengaruh Metode
Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar IPA di hitung menggunakan
Independent Sample t test dengan bantuan SPSS versi 22.0 for Windows.
Berdasarkan pengujian didapatkan nilai thitung sebesar 3,157 dengan ttabel
sebesar 0,413 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,003 (signifikansi <
0,05) yang berarti terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara nilai
posttest pada kelompok eksperimen (metode pembelajaran talking stick) dan nilai
posttest kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Kesimpulannya metode
pembelajaran talking stick memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan
dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran
ilmu pengetahuan alam.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd.(0007085701) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.(0605078801) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Talking Stick, Prestasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 02:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 03:06 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |