Nur'aini, Novi (2017) PENGARUH STRATEGI FUN LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI KEBUTUHAN TUBUH. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0118 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi fun learning
terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test
and post-test group dengan subjek penelitian siswa kelas I SD N Blondo 1
Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang yang berjumlah 24 siswa. Teknik
pengumpulan data berupa tes (pretest dan posttest). Analisis yang digunakan
adalah uji t paired sample dengan membandingkan nilai pretest dan posttest.
Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi fun learning terhadap
peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah strategi fun learning berpengaruh
secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh
siswa kelas I SD N Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Hal
tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest sebelum
dan sesudah diberi perlakuan strategi fun learning. Rata-rata nilai pretest sebelum
perlakuan adalah 57,92, sedangkan nilai posttest sesudah diberi perlakuanya itu
88,75. Peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh dapat dilihat dari
hasil uji t paired sample yang menunjukkan nilai signifikasi = 0,000 (kurang dari
0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,454 > 0,404. Hal tersebut
berarti ada peningkatan prestasi belajar IPA materi kebutuhan tubuh yang
signifikan setelah dilakukan treatment, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi
fun learning berpengaruh secara positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA
materi kebutuhan tubuh siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Ahmad Syarif,M.Or. (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Strategi Fun Learning, Prestasi Belajar IPA Materi Kebutuhan Tubuh.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:26
Last Modified: 30 Jan 2025 03:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item