Hanida, Alfia Nufu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0107_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0107_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0107_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model
pembelajaran index card match berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar Ilmu
Pengetahuan Alam.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
desain pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan variabel
bebas yaitu Model Pembelajaran Index Card Match Berbasis Lingkungan (X) dan
variabel terikat yairu Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Y). Subjek
penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedungsari 5 dengan jumlah
69 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Index Card
Match berbasis lingkungan mampu meningkatkan prestasi belajar Ilmu
Pengetahuan sebesar 31,71 pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas
kontrol sebesar 18,97 yang hanya diberikan pembelajaran biasa. Sedangkan hasil
uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan nilai
signifikan sebesar 0,031 < 0,05, hal ini berarti terdapat perbedaan prestasi belajar
Ilmu Pengetahuan Alam yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dan
yang tidak diberi perlakuan. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh
yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Index Card Match berbasis
lingkungan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
Kata kunci : Model Pembelajaran Index Card Match Berbasis Lingkungan,
Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd.(0007085701) dan Astuti Mahardika, M.Pd. (0626118702)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:22
Last Modified: 22 Jan 2025 03:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item