Wahyuni, Sarah Endah (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI SUPER TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN JARIMAGIC. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0096_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD
Negeri Rambeanak 2 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang pada mata
pelajaran matematika dengan pokok bahasan operasi hitung perkalian dengan
menggunakan model pembelajaran Super Teams Games Tournament dan
jarimagic.
Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif.
Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III dengan jumlah 20 orang siswa.
Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes
evaluasi dan dokumentasi. Validitas instrument diproses melalui dosen ahli dan
kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif
dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila nilai ratarata
kelas mencapai KKM yaitu 75 dan persentase banyaknya siswa yang tuntas
minimum 65%
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika melalui
Super Teams Games Tournament dan jarimagic siswa mengalami peningkatan.
Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat
pratindakan dengan nilai 67 meningkat pada siklus I yaitu 74 kemudian
meningkat kembali pada siklus II yaitu 80. Selain itu dari data observasi
diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan
pembelajaran, kegiatan pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah
diberikan tindakan siswa terlihat aktif baik pada saat kegiatan tanya jawab
maupun pada saat kegiatan kelompok.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, model Super Teams Games Tournament, Jarimagic.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:17
Last Modified: 31 Jan 2025 06:50
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item