Sa'ad, Muhammad (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS IV SD MUTUAL 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (879kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_UNGGAH_REPOSITORI .pdf - Published Version Download (354kB) |
Abstract
Pembentukan pendidikan karakter religius sejak dini memiliki peranan yang sangat penting, terutama di jenjang sekolah dasar. Pada tahap ini, anak-anak berada dalam masa perkembangan yang sangat peka terhadap penanaman nilai-nilai moral dan agama yang akan menjadi dasar pembentukan kepribadian mereka di masa mendatang. Oleh karena itu, peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi sangat krusial. Guru PAI tidak hanya bertugas sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai pembimbing, motivator, panutan, konselor, serta pengelola kelas yang berperan aktif dalam menanamkan dan membentuk nilai-nilai keislaman dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam membentuk karakter religius pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI di SD Mutual 1 Kota Magelang secara aktif mengintegrasikan nilai-nilai religius melalui pendekatan pembelajaran aktif, keteladanan, pembiasaan, dan dialog spiritual. Karakter religius yang terbentuk meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, sabar, syukur, dan kepedulian terhadap sesama. Faktor pendukung antara lain motivasi guru, lingkungan sekolah yang kondusif, dan keterlibatan orang tua. Adapun hambatan meliputi latar belakang karakter siswa yang beragam dan kurangnya motivasi internal siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru PAI sangat strategis dalam membentuk karakter religius siswa melalui pendekatan yang terintegrasi dan berkesinambungan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | FAI 18.0401.0026 |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:47 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:47 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |