Sa'ad, Muhammad (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS IV SD MUTUAL 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0401.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
18.0401.0026_COVER_UNGGAH_REPOSITORI .pdf - Published Version

Download (354kB)

Abstract

Pembentukan pendidikan karakter religius sejak dini memiliki peranan yang sangat penting, terutama di jenjang sekolah dasar. Pada tahap ini, anak-anak berada dalam masa perkembangan yang sangat peka terhadap penanaman nilai-nilai moral dan agama yang akan menjadi dasar pembentukan kepribadian mereka di masa mendatang. Oleh karena itu, peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi sangat krusial. Guru PAI tidak hanya bertugas sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai pembimbing, motivator, panutan, konselor, serta pengelola kelas yang berperan aktif dalam menanamkan dan membentuk nilai-nilai keislaman dalam kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam membentuk karakter religius pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI di SD Mutual 1 Kota Magelang secara aktif mengintegrasikan nilai-nilai religius melalui pendekatan pembelajaran aktif, keteladanan, pembiasaan, dan dialog spiritual. Karakter religius yang terbentuk meliputi sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, sabar, syukur, dan kepedulian terhadap sesama. Faktor pendukung antara lain motivasi guru, lingkungan sekolah yang kondusif, dan keterlibatan orang tua. Adapun hambatan meliputi latar belakang karakter siswa yang beragam dan kurangnya motivasi internal siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru PAI sangat strategis dalam membentuk karakter religius siswa melalui pendekatan yang terintegrasi dan berkesinambungan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Imron, S.Ag., MA. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: FAI 18.0401.0026
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:47
Last Modified: 29 Jul 2025 01:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item