Rafida, Hasna (2018) STUDI TENTANG BUDAYA MEMBACA SEBAGAI PENANAMAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA SISWA (Penelitian pada Siswa di SD N Giriwetan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0070_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf Download (895kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0070_Cover+Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0070_Cover+Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0070_Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tentang studi budaya membaca sebagai penanaman karakter rasa ingin tahu ada siswa di SD N Giriwetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif
deskriptif adalah penelitian yang menghasilkan data terhadap fenomena sosialtertentu yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat
diamati tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variable yanglain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana variabel bebas(pengaruh) adalah budaya membaca, sedangkan variabel terikat (terpengaruh)
adalah karakter rasa ingin tahu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian siswa adalah seluruhsiswa di SD N Giriwetan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rasa ingin tahu terhadap suatu objek dapat menimbulkan ketertarikan pada sesuatu. Ketertarikan yang dimiliki oleh seseorang akan menimbulkan rangsangan atau gairah agar mencari tahu lebih lanjutterhadap apa yang ingin diketahuinya salah satunya melalui membaca. Bila rasa ingin tahunya tinggi maka siswa akan selalu berusaha untuk mendapatkan bahan
bacaan guna memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya. Adanya upaya penanaman kebiasaan budaya membaca di SD N Giriwetan dengan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Adapun implementasinya yaitu membaca senyap selama
30 menit setiap hari sabtu untuk seluruh siswa beserta guru di SD N Giriwetan.Sehingga dengan pembiasaan membaca yang bisa menjadi sebuah budaya tersebut maka dapat menanamkan pendidikan karakter rasa ingin tahu pada siswa di SD N Giriwetan
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Membaca, Penanaman Karakter Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 06:51 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:39 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |