Melati, Arum Puspa (2017) PENERAPAN IMPROVING LEARNING METHOD DENGAN TEKNIK INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0088_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (773kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0088_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0088_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0088_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Improving
Learning Method dengan teknik inkuiri dalam pembelajaran Matematika dapat
meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V di SD Negeri Kemirirejo 3 Kota
Magelang.
Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment
dengan menggunakan dua sampel kelas (kontrol dan eksperimen) yang digunakan
untuk penelitian. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V dengan jumlah 62
siswa, 31 siswa kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan
Improving Learning Method dengan teknik inkuiri dan 31 siswa kelas kontrol
menggunakan metode konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah soal tes (pretest – posstest) dan lembar pengamatan psikomotorik dan
afektif siswa. Metode analisis data menggunakan uji statistik non parametrik
dengan Mann-Whitney.
Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan Improving Learning
Method dengan Teknik Inkuiri secara positif dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai rata – rata posttest kelas
eksperimen 87,4 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang
memperoleh rata-rata 82,7, selisih 4,7. Peningkatan (gain) hasil belajar kelas
eksperimen 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,10 kategori rendah.
Hasil penilaian psikomotorik dan afektif menunjukkan hasil yang baik, dibuktikan
dengan banyak siswa mendapatkan predikat sangat baik yaitu 80% pada penilaian
psikomotorik dan 54% pada penilaian afektif saat mengikuti proses pembelajaran
menggunakan penerapan Improving Learning Method dengan Teknik Inkuiri.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi.(0614107401) dan Ari Suryawan,M.Pd.(0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Improving Learning Method dengan Teknik Inkuiri, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:59 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 01:34 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |