Setyaningrum, Hesti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MODIFIKASI BERBANTUAN MEDIA BUKU BACAAN PERPUSTAKAAN INOVATIF (BUBAPUSI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0076 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0076 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0076 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0076 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri modifikasi berbantuan media buku bacaan perpustakaan inovatif (BUBAPUSI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental Design dengan model Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bandongan 1 sebagai kelas Eksperimen terdiri dari 17 siswa dan SDN Gandusari 2 sebagai kelas Kontrol terdiri dari 12 siswa, teknik yang digunakan untuk mencari sampel ini adalah dengan sample jenuh. Metode pengumpulan data ini menggunakan tes yaitu, pretest yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan posttest yang dilakukan setelah diberi perlakuan. Ananlisis data yang digunakan adalah Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri modifikasi berbantuan buku bacaan perpustakaan inovatif (BUBAPUSI) terhadap hasil belajar IPS di kelas V SDN Bandongan 1, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji Mann Whitney yang menunjukkan bahwa hasil sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,26 yang menunjukan bahwa hasil penelitian diterima. Rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 71,1 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah sebesar 59,6. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar IPS kelas V antara menggunakan model pembelajaran inkuiri modifikasi berbantuan BUBAPUSI dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu M.Pd.(0611098203) dan Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Modifikasi, Media BUBAPUSI, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:41
Last Modified: 31 Jan 2025 01:41
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item