Herdiyanti, Yenita (2017) PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR SISWA BERBASIS TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (830kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0072_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan modul belajar siswa
berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS yang dapat
digunakan dalam pembelajaran. (2) mengetahui kelayakan modul belajar siswa
berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS berdasarkan
penilaian oleh ahli modul, ahli materi, dan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) dengan mengadopsi model pengembangan milik Sugiyono, yaitu :
menggali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,
revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian, dan revisi produk.
Subyek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari : 2 ahli modul, 2 ahli materi,
dan 21 siswa kelas V SD Negeri Blondo 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten
Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket
(lembar penilaian untuk expert judgement dan siswa). Adapun metode analisis
data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) modul belajar siswa berbasis teori
multiple intelligences pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SD telah
dikembangkan melalui sembilan tahap dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
(2) modul belajar siswa berbasis teori multiple intelligences pada mata pelajaran
IPS untuk kelas V SD telah teruji kelayakannya oleh para ahli dan siswa. Hasil
kelayakan oleh ahli modul diperoleh skor rerata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat
baik. Kelayakan modul oleh ahli materi diperoleh skor rerata sebesar 3,3 dengan
kriteria sangat baik. Kelayakan modul oleh siswa pada uji coba produk diperoleh
persentase sebesar 87,3% dengan kategori sangat layak. Kelayakan oleh siswa
pada uji pemakaian diperoleh persentase sebesar 95,9% dengan kategori sangat
layak. Hasil penilaian tersebut membuktikan bahwa modul belajar siswa berbasis
teori multiple intelligences pada mata pelajaran IPS untuk kelas V SD layak
digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | Modul Belajar, Multiple Intelligences, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:40 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |