Riastutik, Feny (2017) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0066_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa
kelas V SD N 1 Mangunrejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini
menggunakan quasi experimental dengan one group pretest posttest. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa SD N 1 Mangunrejo. Sampel yang
digunakan berjumlah 35 siswa pada kelas V SD N 1 Mangunrejo. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengetahui
prestasi belajar siswa dan observasi untuk aktifitas dan sikap siswa selama
pembelajaran. Penelitian eksperimen ini terdiri dari pengukuran awal, perlakuan
dan pengukuran akhir. Metode analisis data menggunakan statistik parametrik
dengan bantuan program komputer software SPSS 22.00 for windows. Uji statistik
parametrik yang digunakan adalah paired sample t test.
Hasil perhitungan rata-rata pretest sebesar 55,89 dan rata-rata posttest
sebesar 63,17. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest adalah 7,28. Hasil
analisis data dengan paired sample t test diketahui bahwa nilai t hitung adalah -
5,79 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Ada peningkatan prestasi belajar
siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan media boneka tangan, karena nilai
posttest lebih tinggi dibanding nilai pretest. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah
media boneka tangan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran bahas indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons,(0002086001) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: media boneka tangan, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:39
Last Modified: 30 Jan 2025 07:47
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item