Muninggar, Laela Fitriningrum (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP WARISAN BUDAYA PADA IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0305.0042_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep warisan budaya pada IPAS siswa kelas V SD Negeri Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental (Nonequivalent Control Group Design). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Pucang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mengukur perubahan pemahaman konsep warisan budaya sebelum dan sesudah diberi treatment serta mengetahui perbedaan antara kelas yang menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan monopoli dengan kelas yang menerapkan model Student Teams Achievement Division. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann-Whitney U dengan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep materi warisan budaya pada IPAS. Hal tersebut didukung dengan adanya uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney U diperoleh Asymp. sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep warisan budaya pada IPAS.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Sukma Wijayanto, M.Pd. dan Aditia Eska Wardana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, teams games tournament, media monopoli, pemahaman konsep warisan budaya, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: FKIP 21.0305.0042
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:56
Last Modified: 11 Jul 2025 06:56
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item