Muninggar, Laela Fitriningrum (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP WARISAN BUDAYA PADA IPAS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0305.0042_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0305.0042_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep warisan budaya pada IPAS siswa kelas V SD Negeri Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental (Nonequivalent Control Group Design). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Pucang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes dilakukan untuk mengukur perubahan pemahaman konsep warisan budaya sebelum dan sesudah diberi treatment serta mengetahui perbedaan antara kelas yang menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan monopoli dengan kelas yang menerapkan model Student Teams Achievement Division. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mann-Whitney U dengan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli terhadap pemahaman konsep materi warisan budaya pada IPAS. Hal tersebut didukung dengan adanya uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney U diperoleh Asymp. sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media monopoli berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep warisan budaya pada IPAS.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Sukma Wijayanto, M.Pd. dan Aditia Eska Wardana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, teams games tournament, media monopoli, pemahaman konsep warisan budaya, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 21.0305.0042 |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:56 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |