Kurniawati, Diah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (515kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0060 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran snowball throwing terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran
IPS. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Jambu Kecamatan
Tempuran Kabupaten Magelang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Desain
penelitian yang digunakan Nonequivalen Control Group Design dengan satu
perlakuan. Subjek penelitian ini dipilih secara total sampling, dimana seluruh
populasi dijadikan sampel yang berjumlah 45 siswa. Kelompok eksperimen terdiri
dari 22 siswa yang diberi perlakuan (penggunaan model pembelajaran snowball
throwing) dan kelompok kontrol terdiri dari 23 siswa yang tidak diberi perlakuan.
Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel terikat yang berupa minat baca
siswa pada mata pelajaran IPS, serta variabel bebas yang berupa model
pembelajaran snowball throwing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes dan angket minat baca siswa. Teknik analisis data menggunakan
analisis parametric one way ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran snowball
throwing berpengaruh terhadap minat baca siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini
dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen
dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih
tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Perbedaan semangat
siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS antara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap meningkatnya minat baca
siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Jambu Kecamatan
Tempuran Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Muhammad Japar, M.Si.Kons. (0012096606) dan M.A. Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801) |
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca Siswa, Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:35 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:18 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |