Kurniyati, Tri (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA PUZZLE KENI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Inkuiri dengan
Media Puzzle Keni TerhadapHasil Belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Sukosari
Bandongan.
Penulis menggunakan model penelitian nonequivalent control group
design. Variabel bebas penelitian yaitu model inkuiri dengan media puzzle keni
dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IV SD Negeri Sukosari Bandongan yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan teknik
sampling menggunakan total sampling. Istrumen Pengumpulan Data
menggunakan Indepenent Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS mengalami
peningkatan, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rat-rata posttest
seluruh responden setelah diberikan treatmen menggunakan model inkuiri dengan
media Puzzle keni dari nilai pretest. Dapat dikatakan bahwa penerapan model
inkuiri dengan media Puzzle keni berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar
IPS kelas IV SD SD Negeri Sukosari Bandongan. Nilai signifikan menunjukan
0,000 karena nilai signifikan kurang dari 0,05 dapat disimpulkan model inkuiri
dengan media Puzzle keni berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil
belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri dengan Media Puzzle Keni, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:28
Last Modified: 23 Jan 2025 07:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item