Kurniyati, Tri (2017) PENGARUH MODEL INKUIRI DENGAN MEDIA PUZZLE KENI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (520kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0056 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Inkuiri dengan
Media Puzzle Keni TerhadapHasil Belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Sukosari
Bandongan.
Penulis menggunakan model penelitian nonequivalent control group
design. Variabel bebas penelitian yaitu model inkuiri dengan media puzzle keni
dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas
IV SD Negeri Sukosari Bandongan yang berjumlah 20 siswa. Sedangkan teknik
sampling menggunakan total sampling. Istrumen Pengumpulan Data
menggunakan Indepenent Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS mengalami
peningkatan, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rat-rata posttest
seluruh responden setelah diberikan treatmen menggunakan model inkuiri dengan
media Puzzle keni dari nilai pretest. Dapat dikatakan bahwa penerapan model
inkuiri dengan media Puzzle keni berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar
IPS kelas IV SD SD Negeri Sukosari Bandongan. Nilai signifikan menunjukan
0,000 karena nilai signifikan kurang dari 0,05 dapat disimpulkan model inkuiri
dengan media Puzzle keni berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil
belajar IPS.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si. (0012045601) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Model Inkuiri dengan Media Puzzle Keni, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:28 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:26 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |