Untari, Linda Rizky Tri (2025) Analisis Implementasi Keterampilan Abad 21 Melalui Praktik Kultum pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Magelang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0017_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (557kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0017_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0017_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0017_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (464kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu kompetensi penting di era ini adalah keterampilan abad 21, khususnya public speaking dan kepercayaan diri. SMA Negeri 5 Magelang mengintegrasikan kegiatan kultum dalam pembelajaran PAI untuk menguatkan karakter percaya diri dan mengembangkan kemampuan public speaking peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi keterampilan abad 21 melalui praktik kultum pada mata pelajaran PAI, serta untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan praktik kultum di SMA Negeri 5 Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kultum di SMA Negeri 5 Magelang dilaksanakan saat pembelajaran PAI dengan bimbingan guru mulai dari penyusunan hingga penyampaian materi secara lisan. Kegiatan ini dilakukan secara terstruktur dan bergiliran sesuai jadwal. Metode yang digunakan untuk meningkatkan public speaking dan percaya diri meliputi pembiasaan, pemahaman, dan motivasi, serta dievaluasi melalui rubrik penilaian. Keberhasilan kegiatan
didukung oleh komitmen guru dan ketersediaan sarana, namun masih ditemui kendala seperti kurangnya percaya diri peserta didik, waktu pembinaan terbatas, serta teknik penyampaian dan manajemen waktu yang belum optimal.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag., Subur, S.Pd.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Abad 21, Praktik Kultum, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | FAI 21.0401.0017 |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:46 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |