Najwa, Qurrota A'yun (2025) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2024/2025 Kelas XI SMA Negeri 1 Mertoyudan. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0015_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (585kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0015_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0015_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0015_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (324kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
21.0401.0015_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran, yang secara keseluruhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan mengajar, karena evaluasi merupakan alat ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai peserta didik atas materi yang telah disampaikan. Alat tes merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengevaluasi seberapa besar penyerapan materi yang telah disampaikan dalam proses pembelajaran yang telah berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Gasal Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2024/2025 kelas XI SMA Negeri 1 Mertoyudan, yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), dengan metode observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 164 siswa kelas XI yang beragama islam. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa butir soal dinyatakan valid sebanyak 36 (80%), dan tidak valid sebanyak 9 (20%). Pada analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korelasi koefisien menggunakan cronbach’s alfa sebesar 0,795 dan KR20 sebesar 0,779, perhitungan koefisien korelasi diantara 0,600-0,800 hal ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang tinggi reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan 2 soal (5%) kategori soal sukar, 20 soal (44%) kategori soal sedang, dan 23 soal (51%) kategori soal mudah. Sedangkan untuk analisis daya beda butir soal menunjukkan 10 soal (22%) tergolong soal yang lemah, 23 soal (51%) tergolong soal sedang, dan 12 soal (27%) tergolong soal yang baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag.,M.Ag. dan Subur,S.Pd.I.,M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pendidikan, Analisis Butir Soal, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | FAI 21.0401.0015 |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:41 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |