Nurhidayani, Adhisya Dian (2025) PERAN GURU PAI DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN P5 PADA SISWA SMAN 1 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0001_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (529kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0001_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0001_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0001_COVER_LEMBAR PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0001_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan sebuah proyek baru yang ada dalam kurikulum merdeka tujuannya membentuk 6 dimensi pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa pada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam mendukung pelaksanaan P5 dan hal-hal yang menghambat dan mendukung guru PAI dalam pelaksanaan P5 pada siswa di SMA N 1 Kota Magelang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila yaitu sebagai pendidik dan pembimbing dalam memberikan wawasan kepada siswa terkait Pendidikan karakter dan P5. Sebagai teladan, mengajarkan berbuat baik dan memberikan keteladanan. Faktor yang menghambat pelaksanaan P5 adalah waktu yang terbatas, kurangnya jam pembelajaran dan materi yang tidak runtut, yang menyulitkan dalam penyampaian topik. Selain itu, hal yang mendukung pelaksanaan P5 ini adalah kebijakan kepala sekolah yang sepenuhnya mendukung pelaksanaan kegiatan ini, para guru dan siswa yang antusias mengikuti kegiatan P5 ini.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, P5
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: FAI 21.0401.0001
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:19
Last Modified: 07 Jul 2025 01:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5217

Actions (login required)

View Item View Item