Dzakiyya, Hasna (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 04 SUKOREJO, KABUPATEN KENDAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0032_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (760kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0032_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0032_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0032_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (331kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
21.0401.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum terus berubah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Perubahan kurikulum adalah langkah penting dalam mengikuti perkembangan zaman dan mempersiapkan generasi muda guna menghadapi tantangan masa depan. Tahun 2021 kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013 berubah menjadi kurikulum merdeka, perubahan itu juga membuat pembelajaran Al-Islam
mengalami penyesuaian-penyesuaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo. Selain itu penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka dan solusi yang
ditawarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumntasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Al-Islam di SMK Muhammadiyah 04 Sukorejo. Kabupaten Kendal sudah terlaksana dengan baik ditandai dengan keberhasilan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran serta media ajar yang sudah sesuai dengan standar kurikulum merdeka, akan tetapi dalam pelaksanaanya guru masih mengkombinasikan pembelajaran kurikulum merdeka dengan kurikulum sebelumnya, dengan alasan guru masih dalam adaptasi penyesuaian karakteristik peserta didik dengan kurikulum merdeka. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Al-Islam dalam kurikulum merdeka adalah proses adaptasi kurikulum kontekstual, berkurangnya jam pelajaran untuk mata pelajaran Al�Islam sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak mendalam, kendala lainnya adalah keadaan siswa yang belum bisa sepenuhnya beradaptasi dengan pembelajaran aktif kurikulum merdeka. Solusi yang dilakukan adalah guru
mengikuti MGMP, guru menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa di masing-masing kelas dan mengoptimalkan jam pelajaran dan memberikan tugas tambahan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: kurikulum merdeka,pendidikan Al-Islam,pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: FAI 21.0401.0032
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:52
Last Modified: 07 Jul 2025 01:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item