Rohmah, Anisa Nur (2017) PENGARUH PERMAINAN TREASURE HUNT CLUES ULTERHADAP PENGUASAAN BILANGAN ROMAWI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0039 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (499kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0039 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0039 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0039 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap
materi bilangan romawi sebelum diberikan permainan Treasure Hunt Clues, dan
mengetahui penguasaan bilangan romawi siswa sesudah diberikan permainan
Treasure Hunt Clues. Serta mengetahui perbedaan penguasaan bilangan romawi
siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mata pelajaran
Matematika kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Temanggung
Kabupaten Temanggung.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitia ini yakni penelitian Quasi
Eksperimen, dengan desain Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group
Design, dengan melakukan 4 kali perlakuan, yaitu diberikan perlakuan melalui
pembelajaran di dalam kelas. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa pada kelas
eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu sampling jenuh. pengumpulan data yang digunakan adalah soal
tes dan lembar observasi tekhnik analisis data menggunakan uji non parametrik
jenis Mann Whitney-U.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pengukuran awal
Penguasaan bilangan romawi pada kelas eksperimen adalah 65,77 dan kelas
kontrol adalah 66,20. Sedangkan pengukuran akhir penguasaan bilangan romawi
pada kelas eksperimen adalah 83,27 dan kelas kontrol adalah 72,48. Berdasarkan
analisis, terdapat perbedaan penguasaan bilangan romawi antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol dengan nilai sig 0,000 (sig <0,05) yang berarti bahwa permainan
treasure hunt clues berpengaruh terhadap penguasaan bilangan romawi kelas IV
di SD Muhammadiyah Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si,.Psi (0614107401) dan Tria Mardiana, M.Pd 0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Treasure Hunt Clues, Penguasaan bilangan romawi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:15 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |