Khoiriyah, Erin (2017) EFEKTIFITAS MEDIA MONOPOLI CERDAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0038 _ FULLTETX.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas media monopoli
cerdas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial Sekolah Dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan
desain Pretest-Postest Control Group Desain dengan sampel penelitian siswa
kelas IVA SD Banyakan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebagai
kelas eksperimen berjumlah 21 siswa menggunakan model Contextual Teaching
and Learning dengan media Monopoli cerdas Ilmu Pengetahuan Sosial materi
Koperasi dan siswa kelas IVB SD Banyakan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten
Magelang sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa menggunakan model dan
media konvensional. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis
yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas dengan membandingkan
nilai pretest dan posttest, analisis ini digunakan untuk mengetahui peningkatan
yang terjadi setelah treatment diberikan dan uji- t atau t-test dengan
membandingkan nilai posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk
mengetahui Efektivitas media monopoli cerdas terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Hasil analisis perhitungan uji-t menunjukan bahwa nilai signifikansi
sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 (0,000< 0,05). Sedangkan nilai thitung
didapat sebesar 5,596. Hasil tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Dengan demikian menunjukan bahwa terdapat hasil yang berdeda antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah di berikan perlakuan (treatment)
dengan menggunakan media Monopoli cerdas.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si.(0611098203) dan M A Noviudin Pritama M.Pd.(0625118801)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli Cerdas,Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:18
Last Modified: 23 Jan 2025 06:57
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item