Lazwardin, Muhammad Mukhlish (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR (Penelitian Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SD Negeri Lungge). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah magelang.
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0140_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (943kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0140_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0140_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0140_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
20.0305.0140_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Model Pembelajaran AIR berbantuan media interaktif terhadap pemahaman konsep kelas V SD Negeri Lungge Kabupaten Temanggung dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa pada Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Quasi Eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan Model one group pretest posttest design. Sampel yang diambil sebanyak 26 siswa terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Metode pengumpukan data dilakukan dengan tes. Uji validasi tes dengan menggunakan bantuan program SPSS For Windows versi 27. Uji prasyarat analisis terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Hipotesis. Analisis data menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan bantuan program SPPS For Windows versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran AIR berbantuan media interaktif berpengaruh positif terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri Lungge Kabupaten Temanggung. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Hipotesis pada Kelompok Eksprimen dengan probabilitas sig 0,000 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran AIR Berbantuan Media Interaktif berpengaruh positif terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri Lungge Kabupaten Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Tria Mardiana M.Pd dan Kun Hisnan Hajron M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran AIR, Media Interaktif, Pemahaman Konsep, Bangun Datar, Siswa SD. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | FKIP 20.0305.0140 |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 05:33 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 05:33 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/5198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |