Ristiyaningsih, Ristiyaningsih (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI KOPERASI. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTSR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (675kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0034_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
13.0305.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
13.0305.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajara IPS pada materi
Koperasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunugsari Kecamatan
Windusari Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain
one-group pre test-post test. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan
siswa untuk variabel bebasnya adalah problem based learning. Subyek penelitian
ini adalah 26 siswa pada kelas eksperimen dan 26 siswa pada kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan
progam SPSS for windows 22.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning
berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosia.
Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pre-test dan post-test siswa.
Rata-rata skor pre-test siswa yaitu sebesar 59,73. Mengalami peningkatan pada
skor post-test menjadi 72,92. Berdasarkan hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa
nilai sig 0,002 (sig < 0,05) yang berarti bahwa model Problem Based Learning
berpengaruh terhadap Keaktifan siswa dalam belajar IPS.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Subiyanto, M.Pd. (0007085701) dan Ahmad Syarif M, Or.(0630038903) |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 03:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:56 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |