Inayah, Zumrotul (2017) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARCA TERHADAP PEMAHAMAN PECAHAN MATEMATIKA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajran model
Teams Games Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman
pecahan Matematika siswa kelas IV SD N Banyakan. Pokok bahasan yang
diajarkan yaitu bentuk pecahan, mengurutkan pecahan, pecahan senilai,
menyederhanakan pecahan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Design) dengan Nonequivalent Control Group Design, dimana
terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Banyakan kelas IV tahun ajaran 2016/2017.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelompok
kontrol dan siswa kelas IV B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling yang jenisnya Sampling
Jenuh. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes yang terdiri dari 29 soal
berbentuk pilihan ganda. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-
Smirnov dan uji Levene Statistic, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi
normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games
Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman pecahan Matematika.
Hal tersebut ditunjukan dengan melihat hasil analiis dari uji Mann Witney yaitu
diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada pengukuran akhir dari kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,008 , dengan nilai signifikasi 0,05,
dimana 0,008 0,05 maka diterima dan maka terdapat pengaruh
model Teams Games Tournament berbantuan media karca terhadap pemahaman
pecahan Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.Kons (0002086001) dan Tria Mardiana, M.Pd. (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, media karca, pemahaman pecahan Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:12
Last Modified: 23 Jan 2025 01:16
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item