Ikrimah, Ulfa Anisatun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0021 _ BBA I _ BAB II _ BAB III _BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0021 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0305.0021 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0021 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model Numbered
Heads Together berbantuan media kertas lipat terhadap hasil belajar matematika
materi pecahan.
Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek
penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kelompok eksperimen terdiri
dari 20 siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered
Heads Together dan media kertas lipat dan kelompok kontrol terdiri dari 20 siswa
yang tidak diberi perlakuanmenggunakan pembelajaran konvensional. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi penilaian
psikomotorik.Teknik analisis data menggunakan analisis parametric one way
ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata antar
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana nilai rata-rata kelompok
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together berbantuan
media kertas lipat berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa SD
kelas IVdi SD Negeri Krincing Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., (0012096606) dan Astuti Mahardika, M.Pd.(0626118702)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Numbered Heads Together
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:01
Last Modified: 22 Jan 2025 07:46
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item