Gunarweni, Aditya Nur Rahmawati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING DENGAN MEDIA ADIK SIMBA TERHADAP KETERAMPILAN DIALOGIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDUNGAN 01 KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0077_Cover+Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 5, Daftar Pustaka.pdf

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0077_Cover+Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0077_Cover+Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0077_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Bamboo Dancing dengan media adik simba terhadap keterampilan dialogika siswa
kelas IV SD Negeri Bandungan 01 Kabupaten Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimental Design) dengan model Nonequivalen Control Group Design. Subjek
penelitian tidak dipilih secara acak melainkan sudah dalam bentuk satu kelas utuh.
Sampel yang dipilih sebanyak 48 siswa terdiri dari 26 kelompok eksperimen dan 22
siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan. Uji
validitas instrumen menggunakan rumus product moment dan validitas konstruk
dengan meminta pendapat ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus
cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji paired sample T-Test dengan
bantuan program SPSS for Windows versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Bamboo Dancing
yang berbantuan dengan media Adik Simba berpengaruh terhadap keterampilan
dialogika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Uji Paired Sample T-Test
pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor pretest dan
posttest kelompok eksperimen yang semula 49,0 menjadi 79,7. Sedangkan pada
kelompok kontrol semula 46,7 menjadi 75,5. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Bamboo Dancing yang berbantuan media
Adik Simba berpengaruh positif terhadap keterampilan dialogika siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi..dan Arif Wiyat Purnanto M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model Bamboo Dancing, media Adik Simba, keterampilan dialogika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:44
Last Modified: 30 Jan 2025 04:21
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item